Keutamaan Menuntut Ilmu

Mu'adz bin Jabal meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, 
"Pelajarilah ilmu, karena mempelajarinya semata karena Allah akan membuahkan rasa takut, menuntutnya adalah ibadah, menghafalnya adalah tasbih, membahasnya adalah jihad, mengajarkannya kepada orang yang belum tahu adalah sedekah, membantu penuntutnya termasuk pendekatan kepada Allah.


Ilmu adalah rambu-rambu yang membedakan antara yang halal dan yang haram. Ilmu adalah obor menuju surga, teman dalam kesepian, kawan dalam kesendirian. Ilmu akan bicara dalam kesunyian, penunjuk jalan kebahagian, dan peringatan dari kesengsaraan.
Ilmu merupakan senjata ampuh dalam menghadapi musuh dan penghias dikala bersama. Dengan ilmu, Allah mengangkat derajat suatu kaum. Mereka dijadikan pemimpin terbaik. Jejak mereka diikuti. Mereka dijadikan idola. Pendapat mereka dijadikan acuan. Para malaikat menyukai mereka. Dengan sayapnya, para malaikat memayungi mereka. Semua benda hidup dan mati memohonkan ampun bagi mereka. Begitu juga, ikan Hiu yang ada disamudera, bahkan binatang buas darat pun mendoakan mereka.
Ilmu merupakan ruh bagi hati agar terhindar dari kebodohan, lampu penerang dari kegelapan. Dengan ilmu, seseorang akan sampai pada tempat terbaik dan derajat tertinggi di akherat kelak.


Berpikir tentang ilmu sama dengan puasa, mendalami ilmu sama dengan ibadah malam. Dengan ilmu tali silaturahim dapat terjalin. Ilmu ibarat mesin bagi amal, dan amal tunduk terhadap pada perintahnya. Orang yang baik ia datangi dan orang yang jahat ia jauhi. (HR. Ibnu Umar)

0 komentar:

Poskan Komentar